Rabu, 20 Februari 2013




KIA Pregio Vs Travello, pilih manaa??


Jogja - Menjajal langsung berbagai mobil dengan beragam jenis, bentuk dan dimensi tentu sudah menjadi keharusan bagi anda yang ingin merasakan performa dan kenyamanan kendaraan yang anda inginkan, terlebih lagi bila anda adalah seorang yang bergelut di bidang usaha pariwisata, karena anda harus lebih selektif dalam memilih kendaraan apa yang nantinya dapat memenuhi kenyamanan dan memuaskan perjalanan customer anda .
Kali ini saya akan mengulas beberapa persamaan dan perbedaan duo bersaudara dari KIA Motor’s Indonesia, yaitu KIA Pregio dan KIA Travello.cekidot....

Passanger.Car
Kami menemukan beberapa persamaan pada Kia Pregio dan Travello ini. Namun juga sekaligus berbagai perbedaan setelah menjajalnya langsung. Mulai dari persamaan dulu, Anda pasti setuju kalau kedua mobil ini cocok buat travelling. Tak heran kalau banyak diminati armada travel.

 
Dasbor Pregio lebih modern(kiri). Dasbor Travello cukup akomodatif(kanan).
Kemudian dari kapasitas penumpang, disebut kalau Travello muat 16 orang. Namun dari unit tes yang dipakai, sepertinya hanya cukup buat 12 orang. Mengingat konfigurasi kursi 4 baris, paling depan 3 orang (termasuk sopir), lalu setiap baris berikutnya juga tiga orang. Jadi, anggapannya kapasitas sama dengan Pregio yang juga muat 12 orang dengan konfigurasi jok serupa. 

Persamaan ketiga, dari mesin. Karena mesin diesel 2.665 cc yang dipakai juga sama. Tidak berharap banyak dari dapur pacu diesel konvensional bertenaga 80 dk di 4.000 rpm dan torsi 165 Nm pada 2.400 rpm karena performanya tergolong lambat.
 

Meski demikian, terdapat berbagai perbedaan. Seperti tarikan Travello terasa lebih enak. Akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam 24,8 detik. Sedangkan Pregio butuh 33,7 detik. Kemungkinan karena rasio gigi akhir Pregio 4,222 berbeda dari Travello 4,444, sehingga tarikan terasa lebih lambat terutama pada kecepatan tinggi.

 
Kabin jok pregio lebih nyaman dengan jok bisa diputar(kiri). Kabin Travello, muatkah buat 16 penumpang?(kanan).
Tarikan memang terasa lambat. Namun di lain pihak, justru jadi nilai plus. Dengan kondisi ini, penumpang jadi lebih nyaman karena tidak cepat mual akibat entakan tenaga yang berlebihan. Plus faktor safety mengingat bodi besar relatif lebih limbung, bahaya jika bertenaga besar dan dipakai secara agresif. 

Perbedaan lain adalah kenyamanan. Begitu masuk kabin dan mobil dijalankan, baru terasa beda karakter bantingannya. Buat penumpang depan dan pengemudi mungkin tak jauh bedanya. Tetapi bicara penumpang belakang, baru terasa. Karena Travello masih memakai per daun buat sumbu roda belakang. Kalau Pregio dengan per keong di keempat roda cukup lembut melewati jalan rusak atau polisi tidur, penumpang Travello masih mengalami guncangan cukup keras.

 
Kia Travello lebih ekonomis
Tidak heran kalau Pregio lebih disasar buat passenger car yang bisa dipakai pribadi. Wajar, karena kabin Pregio juga lebih nyaman dan moderen. Misal AC double blower dengan tombol pengaktif di dasbor depan dan masih bisa dikontrol embusan anginnya dari trim kanan belakang. Jok baris kedua bisa diputar menghadap depan maupun belakang. Pun demikian kaca belakang bisa dibuka, tidak seperti Travello yang kaca sampingnya mati. Nah, jadi pilih Travello yang lebih murah atau Pregio yang lebih eksklusif?
Hasil tes 

Pregio

Akselerasi 0-100 km/jam
33,7 detik 
Konsumsi BBM 100 km/jam konstan
1:10,5 liter/km
Travello

Akselerasi 0-100 km/jam
24,8 detik 
Konsumsi BBM 100 km/jam konstan 
1:12,3 liter/km 

0 komentar:

Posting Komentar