KIA Pregio Vs
Travello, pilih manaa??
Jogja - Menjajal langsung berbagai mobil dengan beragam jenis, bentuk dan dimensi
tentu sudah menjadi keharusan bagi anda yang ingin merasakan performa dan
kenyamanan kendaraan yang anda inginkan, terlebih lagi bila anda adalah seorang
yang bergelut di bidang usaha pariwisata, karena anda harus lebih selektif
dalam memilih kendaraan apa yang nantinya dapat memenuhi kenyamanan dan
memuaskan perjalanan customer anda .
Kali ini saya akan mengulas beberapa
persamaan dan perbedaan duo bersaudara dari KIA Motor’s Indonesia, yaitu KIA
Pregio dan KIA Travello.cekidot....
Passanger.Car
Kami menemukan beberapa persamaan pada Kia Pregio dan Travello ini. Namun juga sekaligus berbagai perbedaan setelah menjajalnya langsung. Mulai dari persamaan dulu, Anda pasti setuju kalau kedua mobil ini cocok buat travelling. Tak heran kalau banyak diminati armada travel.
Dasbor Pregio lebih modern(kiri). Dasbor Travello cukup akomodatif(kanan).
Kemudian dari kapasitas penumpang, disebut
kalau Travello muat 16 orang. Namun dari unit tes yang dipakai, sepertinya
hanya cukup buat 12 orang. Mengingat konfigurasi kursi 4 baris, paling depan 3
orang (termasuk sopir), lalu setiap baris berikutnya juga tiga orang. Jadi,
anggapannya kapasitas sama dengan Pregio yang juga muat 12 orang dengan
konfigurasi jok serupa.
Persamaan ketiga, dari mesin. Karena mesin diesel 2.665 cc yang dipakai juga sama. Tidak berharap banyak dari dapur pacu diesel konvensional bertenaga 80 dk di 4.000 rpm dan torsi 165 Nm pada 2.400 rpm karena performanya tergolong lambat.
Meski demikian, terdapat berbagai perbedaan. Seperti tarikan Travello terasa lebih enak. Akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam 24,8 detik. Sedangkan Pregio butuh 33,7 detik. Kemungkinan karena rasio gigi akhir Pregio 4,222 berbeda dari Travello 4,444, sehingga tarikan terasa lebih lambat terutama pada kecepatan tinggi.
Persamaan ketiga, dari mesin. Karena mesin diesel 2.665 cc yang dipakai juga sama. Tidak berharap banyak dari dapur pacu diesel konvensional bertenaga 80 dk di 4.000 rpm dan torsi 165 Nm pada 2.400 rpm karena performanya tergolong lambat.
Meski demikian, terdapat berbagai perbedaan. Seperti tarikan Travello terasa lebih enak. Akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam 24,8 detik. Sedangkan Pregio butuh 33,7 detik. Kemungkinan karena rasio gigi akhir Pregio 4,222 berbeda dari Travello 4,444, sehingga tarikan terasa lebih lambat terutama pada kecepatan tinggi.
Kabin jok pregio lebih nyaman dengan jok bisa diputar(kiri). Kabin Travello, muatkah buat 16 penumpang?(kanan).
Tarikan memang terasa lambat. Namun di
lain pihak, justru jadi nilai plus. Dengan kondisi ini, penumpang jadi lebih
nyaman karena tidak cepat mual akibat entakan tenaga yang berlebihan. Plus
faktor safety mengingat bodi besar relatif lebih limbung, bahaya jika bertenaga
besar dan dipakai secara agresif.
Perbedaan lain adalah kenyamanan. Begitu masuk kabin dan mobil dijalankan, baru terasa beda karakter bantingannya. Buat penumpang depan dan pengemudi mungkin tak jauh bedanya. Tetapi bicara penumpang belakang, baru terasa. Karena Travello masih memakai per daun buat sumbu roda belakang. Kalau Pregio dengan per keong di keempat roda cukup lembut melewati jalan rusak atau polisi tidur, penumpang Travello masih mengalami guncangan cukup keras.
Perbedaan lain adalah kenyamanan. Begitu masuk kabin dan mobil dijalankan, baru terasa beda karakter bantingannya. Buat penumpang depan dan pengemudi mungkin tak jauh bedanya. Tetapi bicara penumpang belakang, baru terasa. Karena Travello masih memakai per daun buat sumbu roda belakang. Kalau Pregio dengan per keong di keempat roda cukup lembut melewati jalan rusak atau polisi tidur, penumpang Travello masih mengalami guncangan cukup keras.
Kia Travello lebih ekonomis
Tidak heran kalau Pregio lebih disasar
buat passenger car yang bisa dipakai pribadi. Wajar, karena kabin Pregio juga
lebih nyaman dan moderen. Misal AC double blower dengan tombol pengaktif di
dasbor depan dan masih bisa dikontrol embusan anginnya dari trim kanan
belakang. Jok baris kedua bisa diputar menghadap depan maupun belakang. Pun
demikian kaca belakang bisa dibuka, tidak seperti Travello yang kaca sampingnya
mati. Nah, jadi pilih Travello yang lebih murah atau Pregio yang lebih
eksklusif?
Hasil tes
|
|
Pregio
|
|
Akselerasi
0-100 km/jam
|
33,7 detik
|
Konsumsi
BBM 100 km/jam konstan
|
1:10,5
liter/km
|
Travello
|
|
Akselerasi
0-100 km/jam
|
24,8 detik
|
Konsumsi
BBM 100 km/jam konstan
|
1:12,3
liter/km
|
0 komentar:
Posting Komentar